Penyebab Berat Badan Anda Naik

oleh
Penyebab Berat Badan Anda Naik
Penyebab Berat Badan Anda Naik

Merdeka45 – Mempunyai berat badan berlebihan adalah salah satu permasalahan yang cukup banyak di temui orang-orang di seluruh dunia. Berat badan berlebihan sangat membuat kepercayaan diri seseorang hilang. Jika Anda adalah seseorang yang mempunyai berat badan berlebihan, ketahui penyebabnya..!!

1. Kenaikan massa otot
Banyaknya jenis olahraga, apakah Anda sudah tahu manfaat jenis olahraga itu? Tidak semua jenis olahraga hanya untuk menunrunkan berat badan, namun ada jenis olahraga yang mempunyai manfaat untuk menaikan massa otot. Walau bentuk badan Anda tidak mengalami obeisitas, tetapi massa otot Anda bertambah, maka ada kemungkinan berat badan Anda akan bertambah.

2. Menstruasi
Wanita yang sedang mengalami Menstruasi, ada kemungkinan berat badannya bertambah. Perubahan hormonal karena ovulasi dan menstruasi, akan menyebabkan berat badan Anda naik.

3. Baru selesai makan atau minum
Jika Anda baru saja selesai makan atau minum, maka ada kemungkinan berat badan Anda naik. Makanan dan minuman yang belum di cerna akan menambah bobot badan Anda.

4. Konsumsi Garam
Salah satu sifat garam adalah menahan air. Jika Anda mengonsumsi garam yang berlebihan, maka cairan di dalam tubuh Anda akan tertahan sehingga berat badan Anda akan bertambah. Bagi Anda yang suka konsumsi garam, Anda dapat mengimbanginya dengan berolahraga sehingga berat badan Anda tidak mengalami pertambahan berat badan.

5. Penyakit
Di dunia ini, ada penyakit yang menyebabkan berat badan naik seperti hipotiroidisme dan sindrom Cushing.

Penyakit hipotiroidisme menyebabkan pembengkakan leher sehingga berat badan Anda bisa bertambah. Sindrom Cushing di timbulkan oleh meningkatnya hormon kortisol dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, orang yang mengalami sindrom Cushing adalah orang yang menderita obesitas, diabetes mellitus, dan hipertensi.

6. Diabetes mellitus
Bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan diabetes mellitus, dengan terapi suntik insulin bisa saja mengalami kenaikan berat badan. Terapi suntik insulin ini untuk mengontrol gula. Walau asupan makanan di atur dengan baik, berat badan bisa saja bertambah. Suntik insulin bisa saja mempengaruhi nafsu makan dan jumlah pengaturan jumlah lemak di tubuh.

Selain 6 hal di atas, masih ada penyebab berat badan naik lainnya, seperti pemanis buatan, kurang tidur, mengalami stres dan depresi, penggunaan obat-obatan tertentu, dll. Jika kenaikan berat badan hanya bersifat sementara, maka Anda tidak perlu terlalu cemas.

Tetapi, jika kenaikan berat badan Anda tidak normal, maka Anda boleh berkonsultasi dengan dokter untuk kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *